Click Here to Back

Best Ever Day of JP

In Opini on July 5, 2008 at 1:19 pm

Haris M Fitrian, Hendra Hidayat, Neni Nuraeni adalah mahasiswa Jurnalistik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Kali pertama mereka menghabiskan waktu luangnya dengan bergelut di dunia kejurnalistikan. Saat ini dengan ketekunan dan keuletannya menguasai suasana lapangan mereka aplikasikan di bidang reportase. Kini, mereka sibuk di Bandung News (Media Online), titisan media karya Jurnalistik angkatan 2004 UIN SGD Bandung. Tidak mudah memang, menjadi seorang reporter yang gigih meskipun tidak handal. Menurutnya handal adalah prase belakangan yang penting kegigihan dalam mengusai tempat lokasi juga kosa-kata yang dilontarkan kala mereportasekan satu peristiwa juga gaya penulisan yang aktual dan tepat sasaran.

Lagi-lagi ketertarikan di dunia jurnalistik mereka embannya pasca kuliah di Jurusan Jurnalistik UIN SGD, yang pada awalnya memang mencari informasi baru tentang keadaan sekitar itu adalah hobi mereka.

Sejatinya, berawal dari menulis kecil-kecilan tentang kesehariannya, mereka jadikan sebagai catatan jurnal biasa. Tentunya tidak untuk sesiapa, melainkan untuk diri sendiri. Tapi mungkin itu awal dari karir di dunia jurnalistik yang haus akan informasi.

Mereka berprinsip Good News adalah Good News dan Bad News adalah Bad News. Nah, disinilah tantangan kita ketika kita bertemu dengan ke akuratan, aktual dan tepat.

(JP)

  1. bravo….teruslah belajar, jangan cepat merasa puas. ketika kamu merasa puas, maka kamu akan berhenti.
    bukan rahasia umum ketika masyarakat secara berangsur mulai tak percaya pada media. kalo denger lagunya tompi feat…. alah lupa. itu adalah salah satu keluhan warga tentang media. makanya kemarin di gembar-gemborkan yang namanya peace journalism….. semoga media menambah warganya semangat memerangi kebatilan bukannya membuat apatis….keep fight….

  2. Penghargaan terlalu berlebihan bagi saya terpangpang sebagai “best ever day”,seorang reporter ulung yang hanya bisa menulis berita seadanya.
    saya ucapkan terima kasih kepada para pembaca setia “Bandung News” yang telah ikut andil membesarkan media kami (BN-thea), terima kasih juga komentarnya,yang akan saya jadikan sebagai motivator untuk trus bergelut dengan waktu demi memenuhi dahaga para pembaca yang merindukan informasi yang berbeda.

  3. Kir…Kir… Bokir Hidayat.
    awas loe, jangan ke GR ‘an kalo di puji.
    entar mata loe t copot and tambah gede lagi

  4. ajat………..sesama orang berkaca mata dilarang saling mendahului, apalagi menghina, saya tidak menyangka ajat yang saya kenal sebagai pejantantangguh, ternyata…………..mempunyai nama lain Ajeng cute.ha ha ha ha.terus jat pantau perkembangan PILWALKOT BROW, Doakanaku yang mau meliput pelantikan bupati definitif Kabupaten Bandung Barat.

  5. hw”s ur goin on UIN?wnna giVe u all asshole word””that iM sO glad to hear what u said, yupz im soRRy imnt jornlst student bt i see abwt journalism eventhough jst a bite,,,hw long ur knwledge abwt journalism at ur university? r u *as de journalism student* satisfied includ academy ,i mean what university give t u? sme time im sO itchy cz why i alwys notice de infrmation includn’ ur university news,absolutely,,,what kind journalism hs studied,,,atend tO dakwah or cOmmon?hw abwt ur techr,,,!! onething for sure i’ll wait ur commnt, so be it,,,u can cmnnt wht u wanna! !

    hold ur horse if u wanna answer it

  6. kro ngerti teu omongan nu ditulis ku ridwan.
    mun teu ngeri alus berarti maneh mikir kro.
    eta tandanya kalau kamu itu manusia.
    bukan buekk
    hehehehe…………………………………..

  7. Luar Biasa Jurnalistik UIN Bandung. Hararebat pisan…. Terima kasih buat Mr Dadan Suherdiana dan para pengasuh Jurnalistik lainnya yang sudah mencetak sederet jurnalis Andal. Luar biasa.

    Ini dia jurnalis Alumni IAIN/UIN Bandung yang hebat:

    Angkatan 1998:

    1. Adin Komaedin : Kiprah awal di Republika. Sekarang di TransTV Sukabumi. Kang Adin sudah menjadi tokoh pers yang berpengaruh di Sukabumi. Sudah dipinang sederet partai untuk menjadi calon anggota legislatif. Semua pejabat Kota Sukabumi pasti mengenalnya.

    2. Abdul Jalil Hermawan: Kiprah pertama di Radar Bandung. Setelah itu hijrah ke Radar Bogor dan Metro Bogor. Sekarang di MetroTV Sukabumi. Kang Jalil juga tkoh pers berpengaruh di Bogor dan Sukabumi. Pengaruhnya sangat besar. Saya sempat dibantu bikin paspor waktu mau liputan ke luar negeri. Cuma setengah hari dah beres.
    Luar biasa.

    3. Roni Tabroni: Buat saya kang Roni adalah Master Knight Jurnalistik IAIN. Motivator dan penulis yang hebat. Syukurlah, beliau sekarang mengajar di Jurnalistik UIN. Saya adalah pengagum tulisan-tulisan kang Roni. Buku yang dibelinya layak dibeli.

    4. Encep Dulwahab: Kang Doel adalah pupuhu Jurnalistik perintis. Aktivis yang selalu mengajak saya untuk membaca. Kang Dul adalah penulis dan editor yang Andal. Kini menjadi editor di penerbit buku nomor satu di Indonesia:Mizan. (edun pisan). Buku yang ditulisnya best seller.

    5. Andri Ridwan Fauzi: Kang Ozy teh pemimpin Jurnalistik IAIN Perintis. Jago menulis dan main sepak bola. Kang Ozy sekarang wartawan Galamedia (kalau saya nggak salah).

    6. Faisal Hilmi: Wartawan Radar Bogor. Kuliahnya boleh kedul. Tapi semangat dan kemampuannya dalam menulis dan berjarya sekarang telah terbukti. Izol adalah seorang kawan yang menyenangkan.

    Masih banyak lagi, jurnalis Andal yang telah dicetak UIN Bandung. Angkatan 1999; Ada Riffa Anggaditya: Jurnalis hebat di Republika. Erna Mardiana: Sekarang Bos Detik.Com Bandung.

    Soal prestasi Jurnalistik UIN telah terbukti. Semangat terus para calon jurnalis Andal. Hidup adalah perbuatan (ceuk SB oge). berbuat yang terbaik untuk diri sendiri.

    Salam Perjuangan
    Bangkit!!

    Heri Ruslan
    Junalistik IAIN 1998
    heri_rsn@yahoo.com

  8. Ngartos atuh……salah satu sarat aktif di “BN” mahir bahasa inggris!!!sebagai antisipasi bilih nga interview pemain bola asing, he he he juga mengakses berita luar negeri such as CNN, Newyorktimes, etc………..Aku selalu berpikir supaya “BN” (selalu di hati pembaca) hu hu hu, KITU AJENG SUDRAJAT….(BN/550)

  9. pada ajat segera ganti kaca matamu nak!!!!biar berita tidak lolos begitu saja!!!he..he..jus puding…jangan menyerah tegakan selalu kebenaran ..juRnalistik Nu Aing!!

  10. kro pa hidayat neangan motor gera baliken, dek dijual

  11. Memang Jurnalistik UIN sekarang semakin mantap, banyak para alumni yang berkibar dilapangan, dan banyak pula alumni yang berkibar dikantoran.

    tapi sebagai para alumni yang sudah sukses, tolong bangkit bersama untuk menyemangati generasi jurnal UIN, rangkul dan beri semangat.

    saya yakin, para alumni sangat besar membantu adik-adik kealsnya, tapi saya juga percaya bahawa akan-akan dan teteh juga sibuk dengan urusannya masing2.

    maka tidak ada salahnya ketika ada kumpulan jurnal, seperti Opab, buka bersama, Jufair dan kegiatan lainnya menyempatkan diri untuk berkumpul.

    dan sebagai para panitia juga tolong sambut para alumni, bukan memberi suatu penghormatan, karena para alumni bukanlah bendera.

    untuk itu, sepoerti yangt elah diutarakan coment diatas, ternyata banyak alumni yang sukses.

    sedikit menambahkan, bahwa Asep kalau ga salah angkatan 98 juga editor buku Inu Kencana “IPDN Under Cover” juga kang Doel editor Mizan. yangs elalu memberi semangat adik-adik jurnal untuk menulis.

    begitu juga saya sangat berterima kasih kepada kang Asep atas pertemaun yang tak direncana lalu sharing tentang tulisan di Gasibu di acara Kecap Bango.

    juga kang Doel yang telah membantu saya menulis Biografi Asep Ramdhani, sang anak yang berjuan untuk anak.

    masih banyak para alumni yang siap membantu kita para adik-adik jurnal. maka tolong ketika ada para alumni ajak sharing sesuai dengan apa yang digeluti alumni.

    dan sekali lagi jangan ikuti jika ada alumni yang bantangor, jika pun ada yang bantangor alias baong alias, sombong, jangan diikuti tapi ambilah apa yang bermanfaat dari ucapan mereka. semoga Jurnalistik UIN maju terus. Jurnalistik,,,,,Nu,,,,Aink!!!

  12. hidup lah pkonamah…
    bagi-bagi ilmu nya ya..
    yang dach sukses teh atuh kali-kali bkin jadwal kul umum atuch di lab..
    biar jdi sprit bwt qta-qta..

  13. UKRO CAGER…KMAHA PANON??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: