Click Here to Back

Jurusan Komunikasi UIN Bandung Go Public

In Berita Aktual on June 19, 2008 at 4:49 pm


AH Nasution – Tidak terasa, usia Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakulas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung sudah mencapai satu dekade. Berbagai peritiwa pun telah dilaluinya. Di tahun ini, Jurusan Komunikasi UIN Bandung memiliki seorang nahkoda baru. Drs. Dadan Suherdiana M.Ag, itulah nahkoda baru Jurusan Ilmu Komunikasi.

Melalui nahkoda barunya, Jurusan Ilmu Komunikasi mencoba bangkit untuk menghadapi tantangan globalisasi. Berbagai upaya dilakukan oleh Jurusan Ilmu Komunikasi. Meminjam istilah kerennya, Jurusan Komunikasi saat ini mencoba Go Public.

Salah satu upaya Go Publicnya ialah membangun jaringan atau channel dengan pihak user/stackholder yang ada. Kamis (19/6) siang, pihak jurusan yang diwakili oleh Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, dan Ketua Prodi Ilmu Hubungan Masyarakat (Humas) yang menyertakan tiga orang perwakilan mahasiswanya, berkunjung ke Kantor Harian Umum Republika Biro Jawa Barat di Jalan Lengkong Kota Bandung.

Saat berkunjung ke Republika, pihak Jurusan Komunikasi disambut oleh Kepala Biro Jawa Barat, Yusup Supriyatna dan Kepala Redaksi Jawa Barat, Irvan. Dalam kunjungan tersebut, pihak Jurusan Komunikasi berdialog tentang berbagai permasalahan yang ada di Jurusan Ilmu Komunikasi. Seperti, permasalahan kesiapan Alumni Jurusan Komunikasi dalam menghadapi tantangan dunia luar (pekerjaan), serta mengenai permasalah sisi redaksional dan sisi bisnis dari suatu media massa khususnya Republika.

Namun inti dari kunjungan Jurusan Ilmu Komunikasi ke kantor Republika ialah untuk menjalin kerjasama berupa Sertifikasi dari Pihak Republika untuk lulusan/alumni jurusan Ilmu Komunikasi. Karena selama ini, masalah sertifikasi lulusan dari Jurusan Ilmu Komunikasi UIN Bandung merupakan permasalahn yang cukup krusial yang dihadapi oleh pihak jurusan.

Kita, sebagai warga Jurnalistik berharap dengan adanya langkah sertifikasi ini, bisa membuka celah bagi Jurusan Ilmu Komunikasi dalam menciptkan lulusan/alumni yang siap pakai serta siapa bekerja dan yang paling utama ialah lulusannya siap bekerja di bawah tekanan (underpresser). Sekali lagi, kita sebagai civitas akademika Jurusan Ilmu Komunikasi UIN bandung, menyambut baik langkah yang dilakukan oleh pihak Jurusan. Semoga, langkah pihak Jurusan untuk memajukan Jurusan Ilmu Komunikasi tidak hanya terhenti sampai di sini. (JP/522)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: