Click Here to Back

Mahasiswa KKN UIN SGD Bandung Membagikan Sembako Pada Masyarakat

In Berita Aktual on April 6, 2008 at 12:52 am

pembagian-sembako
Arcamanik, 25/3 – (JP)- Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 066 di Kecamatan Arcamanik, kelurahan Sukamiskin RW 05 kampung Mekarjaya membagikan sembako ke warga yang tidak mampuh dan keluarga yang kekurangan gizi.

Pembagian sembako ini atas inisiatip peserta KKN serta kepedulian terhadap warga Mekarjaya, serta salah satu pengabdian mahasiswa kepada masyarakat “Dengan pembagian sembako ini diharapkan menjadi salah satu pengabdian kami kepada masyarakat, khususnya warga mekarjaya” kata Didin ketua kelompok KKN 066.

Masih menurut Didin, dengan pembagian sembako, warga Mekarjaya merasa terlayani dan kami pun sebagai mahasiswa merasa maksimal dalam melaksanakan KKN ini. Walau hanya hanya jangka satu bulan kami harap masyarakat sangat diuntungkan dengan kehadiran kami.

Walaupun pembagian sembako ini tidak merata keseluruh kepala keluarga yang berjumlah 450. tapi kelompok 066 menyeleksi siapa saja yang berhak mendapatkan sembako, dengan bantuan ketua RW dan RT penyeleksian warga cukup optimal.

“Pembagian sembako kami sendiri yang turun kelapangan dibantu oleh ketua RT setempat atas ijin RW 05” kata Didin.

RW 05 yang berjumlah 450 kepala keluarga hanya 87 kepala keluarga tidak mampu yang berhak mendapatkan sembako dari keseluruhan yang berjumlah 6 RT. Selanjutnya keluarga gizi buruk yang berjumlah 29 kepala keluarga. Bantuan pembagian sembako ini dana dari peserta KKN dan bekerjasama dengan Rumah Zakat.

Bakti sosial
Di Kecamatan Cileunyi, Desa Cinunuk kampung Babakan Sumedang. Kelompok KKN 095 juga mengadakan acara Bakti Sosial (Baksos) dengan membagikan sembako dengan menyebarkan kupon kesetiap warga RW 05 yang kurang mampu, Senin, (24/3).

Acara yang berlangsung dari pukul 9 pagi WIB dilapangan terbuka kampung Babakan Sumedang sudah dipenuhi warga yang mengantri menunggu gilirian mendapatkan Sembako. Selain itu disela acara pembagian sembako juga ada penjualan baju laiak pakai yang digelar disana dengan harga seribu rupiah semua jenis pakaian.

Baksos ini yang bertemakan “Hapuskan Kesenjangan Agnia dan Duafa” ini menurut ketua kelompok KKN 095 Mian Hanyanto “Merupakan bagian KKN yang meningkatkan pendidikan dan keagamaan” katanya.

Selain pembagian sembako dan penjualan pakaian murah laiak pakai, kelompok KKN 095 juga mengkampanyekan masyarakat untuk rajin membaca dengan mendatangkan mobil dinas dari Bapusda dengan membawa ribuan buku yang disajikan untuk masyarakat khususnya anak sekolah.

Sementara itu menurut ketua RW 05 Babakan Sumedang dalam sembutannya “kami sangat berterima kasih atas terselenggaranya bakti social ini. Semoga mereka (mahasiswa KKN) sukses menggapai cita-citanya serta selalu dalam lindungan Allah SWT.” Katanya.

Acara ini terselenggara atas kerjasama dengan Lembaga Zakat Islami Nahdalatul Ulama (Lazisnu), Rumah Zakat, dan Badan Perpustakaan Daerah (Bapusda) kota Bandung. (547/JP)

  1. salam.
    wah, saya kira cukup bagus kegiatan KKN-nya (kuliah kerja nyata) karena bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat. saya juga berharap, pembangunan perpustakaan didesa-desa nampaknya perlu dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan informasi buat masyarakat dikampung. tak berhenti disitu saja, management dan pengelolaannya perlu disosialisasikan agar keberadaannya terus diupdate dan diupgrade.
    saya pikir itu saja.
    thanks.
    ahmad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: