Click Here to Back

KPI Ke Depan

In Berita Aktual on February 23, 2008 at 5:12 am

kpi-edited-foto.jpg
(A.H Naution, JP 23/2)-Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, gelar acara dialog interaktif, antara pihak jurusan dan seluruh mahasiswa jurusan KPI, di gedung Fakultas Dakwah, sabtu (23/2). “Acara ini diselenggarakan yaitu untuk mensosialisasikan dan membahas persoalan yang ada di sekitar jurusan KPI sendiri”, ungkap ketua jurusan Drs. Enjang AS. Msi., MAg.

Sebagai salah satu program studi yang diunggulkan pada fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, jurusan KPI saat ini dan kedepannya akan memusatkan pengkajian pada dakwah biahsan al-qaul berupa tabligh dengan pendekatan wahyu (istinbath), interdisipliner (iqtibas) dan kajian sosial (istiqna), sehingga tidak memandang adanya dikhotomi ilmu (agama dan umum) melainkan sebagai entitas yang integred dan integral, hal ini dijelaskan ketua jurusan dalam paparannya. “Dan ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan (sarjana dakwah) yang beriman dan bertakwa, serta memiliki daya tawar yang diperhitungkan di tengah masyarakat”, ungkapnya pula.
kpi-edited-foto.jpg
Acara yang bertemakan ”Kupas Tuntas Masalah KBM dan Jurusan KPI” ini, disambut hangat oleh semua mahasiswa jurusan KPI dan suasana dialog pun cukup atraktif. Mulai acara berlangsung sampai akhir acara, mahasiswa yang hadir sangat antuisias dengan program-program jurusan yang dipaparkan oleh ketua jurusan. “Kita harapkan adanya dialog seperti ini dapat meningkatkan kualitas jurusan dan mahasiswa, sehingga prospek jurusan ke depan lebih jelas”, tutur mahasiswa disela acara berlangsung.

“Dengan dasar yang dirumuskan dalam visi jurusan, “menjadi program studi professional dalam bidang tabligh (komunikasi dan penyiaran) untuk turut membangun nilai-nila social dan institusional sesuai dengan utama dakwah islam, diharapkan mahasiswa menjadi calon cendekiawan muslim (ulul albab) yang beraqidah dan berfiktrah islami serta berakhlak mulia yang memiliki keahlian dan keterampilan dalam bidang tabligh”, tegas ketua jurusan.

Selain Para dosen yang ikut hadir dalam acara tersebut, hadir pula direktur Pusat Dakwah Islam (PUSDAI) yang sekaligus membuka acara. Juga dai kondang KH. Jujun Junaedi ikut menghadiri acara tersebut dan memberikan sambutan penuh semangat sebagai motifasi kepada seluruh mahasiswa KPI.

Dalam sambutannya Dai’ kondang Jujun Junaedi mengatakan, bahwa dalam pencapaian tujuan program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam harus disusun dalam bentuk langkah strategis. “Adapun langkah strategis yang mesti ditempuh adalah pertama Pasitioning, yakni adanya jaminan mutu lulusan jurusan KPI. kedua Differentiation, yaitu sesuatu yang dapat diunggulkan dan diandalkan oleh jurusan KPI. Ketiga Branding, yakni pencitraan posirif terhadap jurusan dan alumni jurusan KPI, papar Jujun.

Setelah adanya pemaparan dari pihak jurusan dan sambutan-sambutan sebagai motipasi kepada mahasiswa KPI, mahasiswa pun merasa puas dengan hal terebut. “Jadi tidak ada lagi alasan bagi mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam untuk tidak merasa percaya diri dengan masa depan jurusan”, ungkap ketua jurusan Drs. Enjang AS. Msi., MAg.

(JP/557)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: