Click Here to Back

Mengenal “Koma”

In Opini on November 21, 2007 at 9:26 am

Oleh Redaksi Jurnalpos
Kegiatan Orientasi Mahasiswa Anyar (Koma) salah satu kegiatan tahunan mahasiswa jurnalistik. Kegiatan yang diistilahkan sebagai gerbang untuk memasuki organisasi jurusan jurnalistik serta sebagai pintu masuk menjadi mahasiswa jurnalistik UIN Bandung.

Koma memang berasal dari tanda baca (,) yang artinya berhenti sejenak kemudian dilanjutkan lagi, beda lagi dengan titik (.) yang berhenti atau tanda akhir. Maka dunia jurnalistik memang seprti itu kehidupannya tanpa titik, semua berlanjut tanpa batas. Bukan sekedar mengutif dari film yang dibintangi Dian Sastrowardoyo tapi memang terinspirasi dari sana .

Jurnalistik memang diistilahkan kehidupan yang tanpa henti, semua serba berlanjut tanpa kenal waktu, begitu juga jurnalistik yang menyajikan informasi maka selama bumi ini berputar informasi tetap ada, begitu juga dengan dunia jurnalistik yang akan mengiringi bumi ini berputar.

Rutinitas Koma sebagai ajang yang terus berlanjut dari generasi ke generasi baru. Siapa lagi yang akan meneruskan Koma di jurnalistik UIN selain kita yang bergabung di dunia jurnalistik UIN.

Tak salahnya bagi mahasiswa baru untuk mengenal seperti apakah jurnalistik UIN maka anda harus “berlumur” bersama mahasiswa jurnalistik yang sudah terdahulu. Anda akan tahu bagaimana jurnalistik UIN itu, dan bukan hanya sebatas tahu dari pandangan mata.

Kegiatan Koma berlangsung tiga hari, satu hari dikampus (in door), dua hari diluar kampus (Out door) di kampus hanya sebagai pengenalan panitia Koma, selanjutnya materi kejurnalistikan.

Di luar kampus, biasanya dilaksanakan didaerah pegunungan, Tahun 2004 di Gunung Kareumbi, 2005 Gunung Pangalengan, 2007 Ranca Upas Ciwidey, biasanya diluar kampus disebut dengan alam bebas, disini bagi mahasiswa yang mengikuti Koma (Peserta) akan mengetahui bagaimana Jurnalistik UIN yang sebenarnya, peserta akan digodok menyelami dunia jurnalistik yang penuh dengan manfaat, sekaligus anda akan mengenal manusia-manusia tangguh lulusan Jurnalistik (senior) ataupun manusia-manusia lapuk yang masih berdiam diri dikampus, semua ada di alam bebas.

Di alam bebas biasanya saat-saat yang ditunggu oleh peserta maupun senior, di alam bebas akan dilatih bagaimana rasa kebersamaaan, jangan salah di jurnalistik UIN adalah jurusan yang begundal ektreme bukan berarti sangar tapi kebersamaan yang selalu dijalin oleh mahasiswa jurnalistik UIN.

Rasanya nyesel kalau seandainya tidak mengikuti Koma, sepertinya tak pantas kalau tidak mengikuti Koma sedangkan anda berdiri ditengah-tengah warga jurnalistik, tak ada salahnya kalau anda mahasiswa baru untuk memahami kondisi mahasiswa jurnalistik UIN, bergabung menjalin persaudaraan.

Jangan pernah takut apa kata orang tentang jurusan Jurnalistik UIN karena yang ngomongnya adalah bukan orang jurusan Jurnalistik, jangan sampai salah tafsir dengan acara Koma ini, di acara Koma tidak ada kekerasan fisik seperti apa yang dikatakan orang, anada mahasiswa baru harus percaya dari mulut warga jurnalistik dan bukan percaya pada selain warga jurnalistik.

Begitupun Pak Haris selaku ketua Jurusan Jurnalistik memberi tanggapan masalah orientasi adanya kegiatan Koma dan mendukung apabila kegiatan tersebut mencangkup masalah keilmuan khususnya kejurnalistikan selain itu, jika menyimpang kedalam hal yang tidak berorientasikan kejurnalistikan maka seharusnya tidak boleh dilaksanakan.

Penjelasan Pak Haris cukup jelas dengan mengikuti kegiatan Koma ini kita akan menyadari dan mengetahui seperti apa Jurnalistik UIN itu? dengan itu anda adalah bagian dari jiwa kami warga jurnalistik, sebentar lagi Koma akan dilaksanakan November 2007, untuk panitia tolong beri pengarahan dan tuntunan bagi mahasiwa baru jurnalistik, bangun kebersamaan menjalin persatuan dan kesatuan…….dan berkarya!! Itulah Jurnalistik.

Persiapan Untuk Peserta
Jauhkan pikiran yang dapat menghancurkan rasa ingin tahu anda tentang dunia jurnalistik, jauhkan pikiran kotor anda tentang kegarangan warga jurnalistik atau senior anda, jika anda berpikir yang aneh-aneh karena anda memang belum terasuki jiwa jurnalistik.

Jika anda telah bergumul “bercumbu” bersama jurnalistik lapuk maka anda akan merasakan tenang dan bersahabat. Kenali, rasakan, dan nikmati hidup di dunia jurnalistik UIN, hanya anda yang beruntung masuk jurusan jurnalistik dan bisa bergabung mengikuti Koma dan merasakan indahnya Koma bersama kami jurnalistik UIN.

Persiapan lainnya adalah bagi perempuan terutama jagalah kesehatan fisik, bawa makanan sebanyak mungkin untuk cadangan sebagai pengganjal perut berupa cemilan ataupun minuman ringan. Sedangkan untuk laki-laki yang jelas sama seperti perempuan jaga kesehatan fisik, makanan ringan dan “minuman” yang perlu dibawa. Jika anda perokok berat kami tidak melarang anda untuk tidak merokok karena di Koma melaksanakan acaranya bukan di POM Bensin, jadi sah saja bagi anda yang perokok berat, kalau bisa bawa sebanyak-banyaknya atau secukupnya karena biasanya rokok disana apalagi di daerah pegunungan harganya cukup bombastis. Maka antisipasinya adalah bawalah sebanyak-banyaknya.

Dan utnuk persiapan lainnya biasanya diberi pengarahan oleh panitia, jadi kami harap dari redaksi Jurnalpos agar semua mahasiswa baru jurnalistik untuk bisa berpartisipasi dalam acara Koma, kami lakukan semua ini tidak lain untuk kalian semua. Saudaraku se tanah air jurnalistik UIN. (Redaksi Jurnalpos)

  1. YUP jempolan dah buat redaksi!
    satu hal yang harus diingat dalam tujuan dan orientasi kegiatan koma,sebetulnya kegiatan ini memang harus diwajibkan oleh para peserta baru dan panitia oleh para mahasiswa lama.
    menurut saya,,,
    selain merangsang pengetahuan keilmuan jurnalistik,tapi lebih ditekannkan kepada mentalitas seorang jurnalis yang dibarengi daya nalar dan intelektual yang seimbang,,,,
    yang saya rasakan sekarang,,,kekuatan mental yang berlogika hanya di dapatka dalam acara orientasi perkenalan,salah satunya “koma”.
    jadi buat kawan- kawan yang tidak tau da tidak mau tau terhadap kegiatan tersebut alangkah ruginya,,,
    ah udah ah,,pokona jurnalistik nu aing,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: