Click Here to Back

Mudik Made in Indonesia

In Opini on October 1, 2007 at 9:53 pm

Oleh : Suherlan
Entah Kapan awal mula kebudayaan mudik membudaya di Indonesia,di seluruh Negara yang mayoritas pemeluk agama Islam hanya Indonesia sajalah yang kreatif membudayakan Mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri.Kita bisa lihat Negara Arab yang Nota Bene sebagai Negara Islam,mudik tidak dibudayakan oleh mereka.belum ada sejarahnya orang Arab mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Dipastikan Bulan Ramadan sekarang lebih dari 8.000 orang menggunakan kendaraan bermotor Roda Dua hanya di daerah Bandung saja,belum lagi orang yang menggunakan kendaraan beroda empat.Otomatis para Polisi lalu Lintas harus bekrja extra keras demi menertibkan kondisi lalu lintas.

Ada tiga faktor yang mungkin Mudik membudaya di Indonesia;
Cultur orang Indonesia.

Budaya beramah tamah terhadap kerabat dekat sangat lekat dengan bangsa kita ini.pasalnya Indonesia merupakan Negara yang mayoritas karakter penduduknya sangat ramah dengan orang lain.tidak heran Negara lain ingin menjajah negara kita ini,karena Indonesia teramat ramah terhadap orang .

Tahadus bini’mat
Orang yang mudik adalah orang yang suka bertahadus bini’mat.orang yang mudik biasanya akan membawa sesuatu yang dianggap spesial untuk diberikan kepada kerabat sebagai bagi-bagi rejeki.

Silaturahmi
Orang yang sudah menghabiskan waktu di Kota,paling tidak akan merasa rindu dengan kampung halamannya.dengan mudik ,maka akan terjalinnya silaturahmi yang mungkin akan mempererat tali persaudaraan.

Sebagai warga Indonesia kita patutnya bangga,ternyata Indonesia juga bisa menciptakan kebudayaan budaya yang membudaya di Indonesia ini.

(Elan JP,JOB)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: