Click Here to Back

Nasi bakar 15, Khas Jajanan Bandung

In Feature on August 31, 2007 at 3:44 pm

102_2177.jpgBandung,31/08 (Jurnalpos Eksternal)-Untuk memulai sebuah usaha modal besar bukan menjadi jaminan semangat pantang menyerah dan keyakinan yang tinggi menjadi modal utama hali ini di jalani oleh penjual makanan Nasi Bakar 15 Ny. Risa beserta keluarganya berbuah hasil pasalnya usaha yang digelutinya ini merupakan sebuah ide yang tak disangka-sangka bisa menembus pasaran dengan memberikan pelayanan bagi yang memanjakan rasa terutama makanan yang bisa menjadi salah satu ciri jajanan khas bandung.kalau berbicara jajanan bandung memang tempatnya mulai dari batagor RIRI, cendol Elisabet, surabi Imut, Kartika Sari, Brownis Amanda, sampai ayam bakar Bandung.

Tapi jangan salah Nasi Bakar 15 milik Risa ini bisa menjadi pesaing bagi makanan-makanan yang ada di Bandung terlebih lagi bisa menjadi salah satu ciri khas jajanan made in Bandung. Bukan hanya warga asli Bandung saja yang bisa menikmatinya luar kota Bandungpun bisa menikmatinya. Pengunjung dari luar kota seperti Jakarta, Lampung, Cilegon, Garut, pada mangkal disana untuk sekedar mencicipi Nasi Bakar 15 buatan ny.Risa. Tak sedikit diantara mereka yang ketagihan untuk datang berlangganan karena mempunyai rasa yang khas dan patut diacungi jempol. Usaha yang baru berdiri kurang lebih satu tahun tepatnya 4 april 2006 itu mampu menggoyang lidah para pengunjung.

Untuk nama nasi bakar 15 itu sendiri sesuai dengan no rumahnya Ny.Risa yaitu no 15 yang terletak di kawasan Cicaheum, supaya semua orang gampang mengingatnya. Dalam satu minggu Risa bisa menghabiskan rata-rata 500-800 porsi dari mulai hari senin sampai dengan minggu atau bisa menghabiskan 50-60kg ayam bahkan untuk hari libur mencapai 70kg ayam. Yang membuat unik dari ayam bakar 15 ini tentunya nasi yang dibungkus dengan daun pisang atau biasa disebut dengan nasi timbel dengan diisi ikan teri di dalam nasi itu kemudian dibakar sampai terlihat sedikit gosong pada daunya sehingga mengeluarkan aroma nasi timbel yang diisi ikan teri yang dibakar.

Bukan hanya nasinya saja yang bikin perut keroncongan ayam bakarnyapun memiliki rasa tersendiri proses pembakarannya sampai tiga kali proses atau memakan waktu kurang lebih satu jam mulai dari dikukus dengan sedikit ramuan bumbu penyedap rasa, kemudian di ungkep dan yang terakhir di bakar dengan sedikit kecap seolah melengkapi kesempurnaan rasa nasi bakar 15. Untuk mencicipinya kita tidak perlu meronggok kocek uang banyak, cukup dengan Rp.8000 Rupiah sudah termasuk nasi bakar, ayam bakar, dengan ditaburi serundeng, perkedel jagung, dan sedikit sambal kita bisa menikmatinya.

Maka Dari itu, tak pernah absen pengunjung yang datang ke tempat yang terletak di JL. Cimandiri belakang Gedung Sate itu selalu dipadati pengunjung yang tumpah ruah untuk sekedar mencicipi makanan khas nasi bakar Ny. Risa.

Usaha keluarga ini terbilang cukup sukses saking banyaknya pengunjung pelayanyapun harus dikerahkan sebanyak hampir 8 orang. Ny. Risa memperkerjakan saudaranya-saudarnya untuk membantu melayani para pembeli. Meski hanya sebuah roda kecil, sebuah restoran besar siap saji. Tapi jangan salah hampir menghabiskan setengah badan jalan pengunjung nasi bakar 15 karena antrean kendaraan yang parkir disana. Bahkan rencanaya Ny Risa akan memperluas cabang nasi bakar 15 dengan memilki tempat yang lebih besar lagi.

Nah, bagi anda yang penasaran ingin menikmatinya silahkan datang ke kota Bandung dan mampir ke tempat tersebut. Di jamin anda akan ketagihan. (Bilal/Jurnalpos)

  1. boleh ga mahasiswa univ.lain posting ke sini????
    itung itung tuker pengalaman!!!!!!!
    salam dari mahasiswa jurnalistik FIKOM UNITOMO surabaya.

  2. Kepada Yth. Bapak/Ibu/Sdr/Sdri.
    Saya Masduki di Jambi. Saat ini di Jambi telah banyak dibudidayakan tebu buah sebagai bahan membuat es sari tebu yang menyegarkan. Tebu buah Jambi besar-besar dan airnya banyak serta memiliki rasa khas yang tidak dimiliki tebu dari daerah lain, sehingga cocok untuk dijadikan bisnis es sari tebu. Bila Anda berniat membuka usaha se sari tebu, saya siap untuk menjadi suplayer. Berminat silahkan call ke 081373212009.
    Terima kasih atas perhatiannya.
    Hormat saya
    Masduki

  3. Yth.Kepada Bapak/Ibu/Sdr,/Sdri,
    Apabila anda berminat membuka usaha es sari tebu dan membuka di mal-mal Bandung, perguruan tinggi, sekolah, RS, pasar dan tempat keramaian lainnya, disamping kami siap mensuplay tebu buah Jambi. juga mesin peras tebu sekali giling. Hub 081373212009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: