Click Here to Back

Mahasiswa Baru Disuguhi Badut

In Berita Aktual on August 26, 2007 at 5:44 pm

A.H Nasution, 23/08 (JURNALPOS)–Stand Ekspo Kuliah Taaruf 2007-2008 menyambut hangat kedatangan mahasiswa baru UIN SGD (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati ) Bandung. Stand Ekspo yang terdiri dari 62 HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) dan 24 UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) menampilkan kepiawannya masing-masing untuk menyambut mahasiswa baru di depan auditorium UIN SGD.

Pagelaran Stand Ekspo dari setiap HMJ dan UKM ini sudah menjadi kegiatan rutin satu tahun sekali untuk memperkenalkan keberadaan HMJ dan UKM kepada mahasiswa baru. Setiap stand expo dipungut biaya sebesar Rp 100.000,00 untuk tiga hari dari tanggal 23-25 Agustus.

Menariknya, pada setiap HMJ dan UKM diberikan keleluasaan untuk berkreasi dengan syarat tidak melanggar syara yang ada.

Seperti halnya UKM Teater Awal, menampilkan manusia patung, badut, dan teaterikal lainnya.

Aris, salah satu anggota teater mengatakan, ‘pertunjukan seperti ini adalah untuk memperlihatkan bahwa inilah Teater Awal UIN SGD. Dan kami juga mempersilahkan mahasiswa baru untuk melihat-lihat serta mengenali UKM kami’, ucapnya.

‘Teater awal ini adalah wadah kreatifitas mahasiswa disamping kuliah. Dan setiap tahun ajaran baru Teater Awal juga menerima pendaftaran baru bagi mahasiswa baru/lama untuk ikut serta dalam kegiatan Teater Awal kedepannya.’ Tambah Aris.

Tidak terlewatkan pula Stand Ekspo UKM LPIK (Lembaga Pengkajian Ilmu Keislaman) memperagakan gaya wacana simbolik dengan cara mencat seluruh anggota badannya. Serta menggantungkan sampah yang berserakan ke badannya.

Kata Fani (anggota LPIK), ‘wacana simbolik ini menggambarkan bahwasannya manusia zaman sekarang sudah lupa akan dirinya sendiri. Dalam artian sudah tidak punya rasa malu meskipun dia sendiri mencoreng nama baiknya’. Tandasnya.

‘Lupa akan bahaya membuang sampah sembarangan, tidak lagi mencintai lingkungan, tidak peduli sesama manusia, “pokonamah hirup masing-masing zaman ayeunamah’.

Sedangkan dalam kegiatannya, UKM LPIK tidak hanya berkutat dalam wacana simbolik saja. Nanti kita akan melakukan puisi dan diskusi wacana. Tambah fani.

Beralih dari UKM ke HMJ. Disela-sela acara Kuliah Taaruf 2007-2008 dan Stand Ekspo berlangsung, pusinfokomp sempat menemui salah seorang presiden mahasiswa dari HMJ PBA (Pendidikan Bahasa Inggris)

Sopyan Tsauri (Presiden Mahasiswa Jurusan PBA) mengutarakan, ‘Stand Ekspo PBA ini adalah sarana dimana mahasiswa mengenal PBA khususnya mahasiswa baru pada jurusan PBA dan umumnya seluruh mahasiswa baru, PBA disini menyediakan berbagai perlengkapan PBA yang mana nanti mahasiswa PBA dikenalkan dengan Oxford Dictionary, speech presentation, dan tentunya gramer bahasa Inggris yang baik. ’ ungkapnya.

Stand Ekspo PBA juga mengadakan kuis berbahasa inggris untuk mahasiswa baru, dengan hadiah dari alakadarnya. Tambah Sopyan (zarien/jurnalpos)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: