Click Here to Back

Taman Bacaan, Mengharapkan Anak Bangsa Yang Cerdas

In Berita Aktual on August 24, 2007 at 3:40 pm

Bandung, 15/8 (Jurnalpos Eksternal)–Sebuah gedung yang tidak kelihatan mewah
di Jalan Lombok No. 30 Kota Bandung, namun banyak dikunjungi oleh oleh
anak sekolahan dari tingkat SD, SMP, SMA, Mahasiswa bahkan para pekerja
sekalipun, dengan tujuan hanya untuk membaca dan meminjam buku.

Gedung yang yang tidak mewah itu bernama Taman Bacaan Athena yang
mulai berdiri November tahun 2000 lalu, oleh Noorjehan (60) perempuan
yang sudah cukup tua dan sampai sekarang masih rajin membaca.

“Saya suka membaca sejak saya bisa membaca dari umur 5 tahun, saya
diajarkan oleh Ibunda yang kebetulan seorang Guru” Kata Noorjehan.

Katanya, Taman bacaan ini diharapkan untuk semua kalangan baik
orang miskin, pejabat, pelajar, pekerja atau penganggur, dengan adanya
Taman bacaan ini diharapkan minat baca itu tergali dan termotivasi
untuk rajin membaca.

Sejarah dari terbentuknya taman bacaan ini salah satunya adalah
keinginan untuk para generasi bangsa agar menjadi orang yang serba tahu
dan cerdas asalka rajin baca “Dengan membaca kita bisa melihat dunia
yang luas, saya belum pernah ke Paris namun saya tahu tentang Paris
karena saya membaca” katanya membujuk agar semua orang rajin membaca.

Katanya menambahkan “Awalnya saya hobi baca, dan banyak buku yang
tertumpuk, dengan melihat banyaknya buku saya terinspirasi untuk
mendirikan taman bacaan agar semua orang bisa membaca buku koleksi saya
tentunya dengan imbalan berupa uang yaitu harga sewa”

Dengan itu kata Noorjehan “saya bisa menghasilkan uang dari hobi
saya koleksi buku dan baca”

Berapa harga sewa buku itu Noorjehan hanya bisa menjelaskan
tergantung kualitas bukunya, namun Noorjehan dengan adanya Taman bacaan
bukan berarti semua kalangan masyarakat harus membayar sewaan,
Noorjehan juga memberikan penyewaan gratis bagi masyarakat yang kurang
mampu dan bagi anak yang berprestasi disekolahnya.

“saya juga memberikan gratis uang sewa asalkan masyarakat yang
tidak mampu tapi punya keinginan untuk membaca, dan untuk siswa yang
ranking kesatu, kedua, ketiga disekolahnya mendapatkan penyewaan buku
gratis selama satu minggu” kata Noorjehan.

Taman bacaan yang memiliki lebih dari 10ribu koleksi buku berbagai
jenis, namun dominannya adalah cerita fiksi seperti Novel, komik, dan
ditambah lagi majalah.

Dari 10 ribu buku berbagai judul 2/3 nya adalah komik, dan yang
paling banyak di baca oleh pengunjung adalah jenis Novel.

Taman bacaan ini tidak sembarang orang bisa bebas mengambil lalu
membacanya, ada aturan tersendiri yang diatur oleh pemiliknya Noorjehan
“Para pengunjung disini adalah yang sudah terdaftar menjadi anggota
Taman Bacaan Athena, tidak semua orang bisa bebas masuk lalu membaca
buku, saya buat aturan sendiri” katanya.

Yang sudah menjadi anggota adalah lebih dari 5ribu orang, dari 5
ribu orang itu 75% adalah pelajar SMP dan SMA, ditanya oleh Jurnalpos
Seperti apa aturan itu, Noorjehan menyebutkan “Tatakrama yang
diutamakan, saya mendidik para pengunjung untuk sopan santun, jika
tidak berprilaku baik saya tidak sungkan-sungkan untuk tidak menjamunya
dengan baik” katanya mengancam.

Taman bacaan ini yang diharapkan oleh Noorjehan adalah anak bangsa
yang rajin membaca dan cerdas, namuns selain rajin membaca disini juga
diajarkan bagaimana seharusnya sopan santun itu diterapkan, “apalagi
sebagai warga Bandung” katanya berharap agar etika dan sopan santun itu
diterapkan sejak dini. (Feri/jurnalpos)

  1. setuju budayakan membaca hingga menjadi habit

Leave a Reply

