Click Here to Back

knight of Tale

In Ngobrolin Felem on July 14, 2007 at 10:33 pm

Oleh : Angga Aditiya

Dalam film knight of Tale telah memberikan plot segar dan mudah diterka pesan moral apa yang hendak diutarakan. William merupakan tokoh yang memiliki latar belakang ekonomi sederhana. Berbekal nekat, William dan kawan-kawannya mengikuti turnamen menggantikan sir Ulrich yang tewas terkena ranjau. Kemenangan demi kemenangan diperoleh William yang diduga Ulrich. Pendukungnyapun mulai meluas. Adhemer sebagai rivalnya, sampai melakukan tindakan licik demi memperoleh kemenangan.

Namun seiring waktu, Ulrich sebenarnya ketahuan juga. Sang jawara Ulrich itu adalah putra Peter Thatcher dari keluarga sederhana. Kemenangan demi kemenangan harus berakhir di balok pasungan. Kawan-kawannya memerintahkan William untuk lari. Namun William menolak, karena ia merasa bertolak belakang dengan jiwa ksatrianya. Namun pada akhirnya, William tidak jadi dipasung, karena masih keturunan raja. Memang pertarungan ini hanya diperuntukan bagi orang-orang yang memiliki silsilah keturunan raja.

Akhirnya iapun kembali bertarung. Ksatria sudah mendarah daging pada dirinya. Kendati dadanya terhujam patahan kayu, ia tetap berusaha memberikan yang terbaik. Ayahnya yang berada dalam pertarungan itu, memberi ruh baru untuk kemenangan.

William kecil pernah berkata dirinya dapat mengubah bintang. Hal itu terbukti, dengan pengorbanannya, ia dapati kemenangan.

Kemenangan bukan lagi orientasi yang dicari. Mental ksatrialah yang tetap dia usung. Teringat pernyataan sir Edmund Hillary, yang dijadikan ikon orang tangguh, yang telah menginjakkan kaki pertama kalinya di Mount Everest. “bukanlah gunung yang aku taklukan, akan tetapi diriku sendiri”. Memang ini perkara mental. mereka yang tetap menjaga eksistensi mentalnya.

Mahat Magandhi pernah berkata kesabaran itu hanya diperoleh pada orang-orang yang tangguh.

(Angga Aditiya jurnal 04)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: