Click Here to Back

Tuk mahasiswa ku, Jurusan Ilmu Komunikasi dan Humas!

In Berita Aktual on July 9, 2007 at 7:44 am

Secara pribadi, saya sangat setuju adanya kritik membangun dari semua pihak termasuk mahasiswa terhadap sistem dan penyelenggaraan akademik di Fakultas Dakwah dan Komunikasi.. Berkenaan dengan tulisan saudara Ajat Sudrajat, NIM : 204 204 522 yang berjudul “Koreksi Brosur Profil Fakultas Dakwah UIN SGD Bandung” di Koran SINDO tanggal 15 Juni 2007 intinya menyatakan bahwa “brosur Fakultas Dakwah itu sangat jauh berbeda dengan keadaan yang sebenarnya bahkan semua itu bohong besar”.

Bagi saya kritikan itu tidak ada masalah dan sah-sah saja. Namun kritikan itu harus disesuaikan dengan kenyataan yang ada dan fasilitas yang dimiliki oleh fakultas. Di satu sisi kritikan itu ada benarnya namun di sisi lain ada juga yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, sebab Fakultas Dakwah dan Komunikasi memiliki fasilitas laboratorium dan pembelajaran yang memadai walaupun tidak maksimal, seperti memiliki studio radio, studio foto, lab TV yang dilengkapi 4 kamera VCR, 2 infokus, 2 laptop, dan 4 unit OHP walaupun fasilitas itu sebagian ada yang perlu diganti dan dalam penggunaannya harus bergiliran.

Kemudian kritikan saudara Ajat ini menyebar di lingkungan dosen dan pimpinan Fakultas Dakwah dan secara pribadi saya di ajak ngobrol oleh pimpinan fakultas tentang kritikan itu. Kata mereka, “itu kan mahasiswa Pa Ujang Jurusan Ilmu Komunikasi”. Lalu secara baik-baik saya memanggil saudara Ajat untuk menanyakan kritikan yang di muat dalam Koran Sindo tersebut. Saya katakan kepada saudara Ajat bahwa kritikan saudara Ajat tersebut itu bagus, namun kritikan itu ada yang tidak sesuai.

Berikutnya saya katakan bahwa kalau ada kritikan untuk perbaikan peningkatan mutu akademik di Fakultas Dakwah dan Komunikasi sebaiknya disampaikan langsung kepada pimpinan fakultas atau jurusan sebelum di ekspos ke media massa, sebab hal ini dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap animo masyarakat untuk memasuki jurusan-jurusan di Fakultas Dakwah. Tetapi jangan khawatir terhadap saudara Ajat, hal itu tidak akan berpengaruh terhadap prestasi anda di Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi bahkan saya sarankan lanjutkan kreatifitas anda!

ttd
Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi
UIN SGD Bandung

Drs. Ujang Saefullah, M.Si

  1. jangan berikan kami harta dan senjata tapi berikanlah kami buku dan pena. salam kenal

  2. mau tanya kalo komunikasi di uin saya ga ngerti ko ada komunikasi dakwah sihh…
    saya mau masuk komunikasi humas/jurnalistik …
    kalo jurusan komunikasi humas lapangan kerjanya banyak ga?
    trus kerjanya kayak apa sich..
    emang lulusan dari fakultas komunikasi UIN kira kira kamana aja yang udah pada kerja…>>>>?????

  3. asslamualaikum…salam ta’aruf
    iya nih bagaimana yah dengan jurusan KPI(komunikasi penyiaran islam)…?lulusan akan dapat pekerjaan dengan mudah ga yah..Bagaimana jika para mahasiswa jurnalistik atau komunikasi memiiki komunitas yang dapat menampung aspirasi para mahasiswa umum dan khususnya para mahasiswa jurnalistik…jika bisa lagi punya koran sendiri yang mengelolah nya dari kita….
    BERIKAN KAMI KEBANGGAAN TUK DAPAT MENGAMALKAN ILMU YANG KAMI MILIKI…
    ALIyopi..

  4. saya mau bertanya ini kan komunikasi humas/jurnalistik.
    ko web nya jurnalistik semua,,
    mana Humasnya…
    hidup Humas

  5. Mohon maaf, pinjem lapak sebentar:
    Numpang jualan buku The Media of Mass Communication, Study Edition (9th Edition) – John Vivian
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2160734

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: