Click Here to Back

HASIL RISET KOMUNIKASI POLITIK. sample-

In Komunikasi Politik on May 3, 2007 at 1:28 pm

HASIL RISET KOMUNIKASI POLITIKsample;-
Fraksi PK Sejahtera DPR-RI- Jakarta Pusat

VISI, MISI DAN PROGRAM FRAKSI PK SEJAHTERA DPR-RI- JAKARTA PUSAT

A. KERANGKA INTERNAL
1. Dakwah yang diemban oleh PKS adalah dakwah integral (syumuliyatud dakwah) yang menckupi seluruh bidang kehidupan. FPKS sebagai sebagian kecil dari tangan-tangan dakwah PKS harus seluas mungkin memasuki bidang-bidang kehidupan tersebut.
2. Partai sebagai sebuah sarana dakwah diharapkan mampu mengokohkan jalannya gerakan dakwah menempuh marhalah-marhalahnya ke depan dengan mengusung kader-kader dakwah yang berkualitas dari sisi syakhsiyah dan amaliyahnya.
3. Musyarakah siyasiyah merupakan dasar gerakan dakwah FPKS pada saat ini dengan karakter mustafidah, mutawazinah, dan mustaqimah yang dalam kaitan Pemilu 2004 berada dalam tahaaluf hukumah berdasarkan kontrak politik dengan presiden.
B. KERANGKA EKSTERNAL
1. Orientasi kehidupan masyarakat Indonesia, masih banyak yang bersifat pragmatis meskipun sebagian besar mereka adalah kaum muslimin sehingga pendekatan dari sisi keislaman sering dipergunakan dalam menarik pengaruh. Hal ini tampak pada hasil Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden/Wakil Presiden tahun 2004.
2. Kekuatan politik di parlemen menunjukkan tingkat sebaran yang tinggi karena tidak satupun partai yang menang mutlak sehingga diduga kondisi politik parlemen akan sangat dinamis. Meskipun asas partai berbeda-beda tetapi interaksi mereka umumnya didasarkan pada kemaslahatan masing-masing yang mungkin berubah-ubah.
3. Dua kenyataan besar dalam politik Indonesia adalah kekuatan tokoh presiden SBY dengan PD yang tidak besar dan kekokohan partai besar PG yang berhasil dikuasai JK yang menjabat wakil presiden. Kecuali terdapat perubahan radikal di PG, dalam lima tahun ke depan warna politik Indonesia akan dipengaruhi oleh ketokohan SBY dan eksistensi PG.
C. VISI
Terwujudnya kepercayaan publik akan peran politik partai dakwah melalui optimalisasi peran anggota legislatif FPKS yang dimanifestasikan dalam dukungan dan signifikan untuk pemenangan Pemilu 2009.
Misi Strategi
Membangun sistem politik yang sehat dan demokratis dalam lingkungan internal parlemen (DPR RI) maupun interaksinya dengan pemerintah dengan mengusung nilai-nilai al-akhlaq alkarimah dan alqudwat al-?ulya. Memperhatikan kaidah-kaidah (pilar-pilar) bagi sistem pengelolaan kekuasaan dalam Islam yakni besarnya rasa tanggungjawab, merangkai kesatuan ummat dan menghargai aspirasi ummat.
Membangun dan mengokohkan koalisi-koalisi parlemen dalam mengusung agenda-agenda dakwah yang terkait dengan ishlahul hukumah, ishlahul mujtama dan alhal al-islami dengan pendekatan-pendekatan yang variatif.
Setiap kebijakan, program dan langkah yang ditempuh partai senantiasa berorientasi kepada perbaikan (ishlah), baik yang terkait dengan perbaikan individu, keluarga, masyarakat, pemerintahan, dan negara dalam rangka meninggikan kalimat Allah dan mengoperasikan syari’ah-Nya.
Menguatkan mekanisme check and balances DPR terhadap pemerintahan untuk mengamankan nilai-nilai yang terkandung dalam kontrak politik PKS dengan Presiden RI. Memperhatikan pilar-pilar bagi terwujudnya good governance di antaranya transparansi, akuntabilitas, kemandirian, kesetaraan, artikulatif.
4. Optimalisasi peran anggota legislatif dan FPKS dalam mengamankan dan memperjuangkan agenda dakwah partai di parlemen atau melalui parlemen.

Memperhatikan arah kecenderungan umum kondisi sosial, politik, ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pertahanan dan keamanan yang berkembang dalam masyarakat Indonesia dalam rangka menyusun langkah-langkah antisipasi sesuai dengan marhalah dakwah yang ditetapkan pada suatu masa.
Mengoptimalkan program-program kedewanan yang bersifat turun ke bawah seperti kunjungan kerja komisi atau perorangan untuk program dakwah yang bersifat lebih luas dengan bekerjasama dengan struktur partai yang terkait.
Memperjuangkan terwujudnya UU yang berorientasi kepada nilai-nilai islami melalui perbaikan materi perundang-undangan dan prioritas pembahasannya.
Optimalisasi sumberdaya internal dan eksternal dalam berbagai bidang (media, pakar, lembaga, ormas, dan lainnya) dalam membantu kerja dakwah parlemen. Memperkokoh dukungan struktural, fikrah, metodologi, dan spritualitas dari partai.

Meningkatkan profesionalitas anggota legislatif dan soliditas struktur FPKS.
Menjadikan parlemen sebagai sarana untuk melahirkan sumberdaya/tokoh manusia yang siap diterjunkan ke dalam lingkungan pemerintahan dan masyarakat luas, baik nasional maupun internasional.

Menjalin lebih erat hubungan dakwah internasional melalui pemanfaatan program BKSAP, selain menimba pengetahuan tentang model-model pengelolaan negara dalam berbagai aspeknya.
Memberi kesempatan dan/atau penugasan yang sama kepada setiap anggota legislatif untuk tampil dan berperan aktif dalam forum-forum atau kerja sama nasional, regional, maupun internasional
Meningkatkan pelayanan dan advokasi bagi masyarakat.
Memperjuangkan terwujudnya UU yang berorientasi kepada nilai-nilai islami dan memperjuangkan kemashlahatan umat melalui perbaikan materi perundang-undangan dan prioritas pembahasannya.

KEGIATAN FRAKSI
1. Rapat Pleno Fraksi
Rapat pleno fraksi adalah rapat yang dihadiri oleh seluruh anggota Fraksi PKS DPR RI bersama dengan staf ahli. Rapat pleno diselenggarakan setiap satu minggu sekali. Di DPR RI jadwal rapat fraksi disediakan satu hari dalam lima hari kerja dimana pada hari lain disediakan untuk rapat komisi, paripurna, badan musyawarah, panitia anggaran dan alat kelengkapan dewan lainnya.
Rapat pleno berisikan acara laporan dari setiap anggota faksi yang merupakan unsur setiap komisi tentang perkembangan di komisi masing-masing. Di samping itu rapat pleno juga membicarakan aspirasi yang masuk dari masyarakat dan perkembangan terakhir kondisi nasional dan daerah.
2. Rapat Pimpinan Fraksi
Fraksi PKS memiliki 2 pimpinan yaitu pimpinan fraksi untuk MPR RI dan pimpinan fraksi untuk DPR RI. Yang biasanya bekerja setiap hari adalah adalah pimpinan fraksi di DPR RI, sementara pimpinan fraksi MPR RI relatif lebih jarang. Rapat pimpinan berfungsi melakukan koordinasi dan pembicaraan penting lainnya yang menyangkut kepentingan fraksi secara keseluruhan.
3. Press Release
Fraksi PKS DPR RI juga mengeluarkan press release untuk menyampaikan sikap resmi fraksi mengenai peristiwa ataupun kebijakan yang penting untuk disikapi. Beberapa press release yang sempat dibuat oleh fraksi PKS DPR RI di antaranya adalah, press release tentang hari anti korupsi sedunia, press release tentang solusi menangani Aceh akibat bencana gempa bumi dan tsunami.
4. Kunjungan Kerja
Untuk hal yang dianggap penting dan ingin mengetahui kondisi sebenarnya, fraksi PKS memberikan mandat kepada anggotanya untuk melakukan kunjungan kerja guna mengetahui kondisi riil yang menyangkut permasalahan rakyat. Satu di antaranya adalah kunjungan kerja fraksi PKS DPR RI ke Malaysia guna mendapatkan fakta yang lebih nyata mengenai nasib TKI legal maupun ilegal di sana.
5. Menerima Aspirasi
Fraksi PKS DPR RI dalam rangka menyerap aspirasi dari berbagai lapisan masyarakat melakukan audiensi dengan berbagai elemen masyarakat. Bebeberapa audiensi sudah dilakukan dengan berbagai topik, di antaranya adalah:
Politik :Pertahanan – Luar Negeri – Informasi – Pemerintahan & Otoda – Aparatur Negara – Agraria – Hukum & Perundang-undangan – HAM – Keamanan.
Infrastruktur:Pertanian & Pangan – Perkebunan dan Kehutanan – Kelautan dan Perikanan – Perhubungan & Telekomunikasi – Pekerjaan Umum – Perumahan Rakyat – Pembangunan Pedesaan – Energi & Sumberdaya Mineral – Riset & Teknologi – Lingkungan Hidup.
Ekonomi:Perdagangan – Industri – Investasi – Koperasi & UKM – BUMN – Keuangan – Perencanaan Pembangunan Nasional .

—————————————————————————————————————————–
COVER MAKALAH sample; Tinggal di centre
RISET KOMUNIKASI POLITIK FRAKSI PK SEJAHTERA DPR-RI-JAKARTA PUSAT DITINJAU DARI VISI DAN MISI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA

Diajukan Untuk Tugas Terstruktur Pada Mata Komunikasi Politik

logo-jurnalistikuinsgd.jpg

Nama : —–
Npm :—–
Jurnalistik —–

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
JURUSAN JURNALISTIK
2007
—————————————————————————————————————————–
SURAT KETERANGAN RISET DARI FAKULTAS sampel; Tinggal di centre

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN)
SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
Jalan A.H. Nasution No. 105 Cibiru Bandung 40614 Tip. (022) 7810788 Fax. 7803936
Nomor : Un.05/rll/TL.Ol/ 325/2007 Lampiran . –
Perihal : Permohonan Izin Observasi Lapangan/Konsultasi
Kepada Yth.Ketua Fraksi PK Sejahtera DPR-RI

Jl. Kwitang Raya No 14, Jakarta Pusat.
Fax: 62-021-9248377, Telp: 62-021-3906789
humas at pks-jakarta.or.id
Jakarta, 3 Mei 2007
Assalamu’alaikum. wr. wb.

Dengan ini kamii mohon kesediaan Bapak/Ibu/Saudara untuk memberikan

izin kepada:
N a m a ——-

Nomor Pokok ——-

Program/ Semester S1 / VI (enam)

Jurusan Ilmu Komunikasi Bidang Jurnalistik

Alamat ——–

untuk mengadakan Obeservasi Lapangan/ Konsultasi dalam rangka persiapan penyusunan Skripsi Fakultas Dakwah UIN Sunan Gunung Djati Bandung judul/Topik/Masalah: “,Riset Komunikasi Politik Fraksi PK Sejahtera DPR-RI-Jakarta Pusat ditinjau dari visi dan misi Partai Keadilan Sejahtera.”
dengan pembimbing : Drs. cecep Suryana, M. Si

Atas perkenan dan bantuan Bapak/Ibu/Saudara kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum. wr. wb.

Tembusan ;Yth. Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati di Bandung.

—————————————————————————————————————————–
DIGITAL MAIL / SURAT KETERANGAN MELAKUKAN RISET DARI FRAKSI PKS Jakarta Pusatsample
surat-riset-copy.jpg

—————————————————————————————————————————–
BEBERAPA HAL YANG DITANYAKAN DALAM PRESENTASI MINGGU KEMARIN MENGENAI HASIL RISET DIANTARANYA :
1. Siapa Ketua fraksinya ?
2. Ada berapa kursi ?
3. Surat hasil riset dari Fraksi yang bersangkutan

NB: saran dari yang sudah-sudah jika presentasi hasil riset ini
1. Berpakaian Rapih
2. Sopan
3. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
4. Tidak Gerogi
5. Jangan dihapal, melainkan pemahaman terhadap hasil riset

*zarien

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: