Click Here to Back

Empat Era Komunikasi

In Teknologi Komunikasi Info. on April 19, 2007 at 10:04 pm

Sejarah singkat [komunikasi meliputi empat era perubahan]

1. Era komunikasi tulisan; 4000 SM sampai sekarang
2. Era komunikasi cetak; 1456 SM sampai sekarang
3. Era telekomunikasi; 1844 SM hingga sekarang
4. Era komunikasi interaktif 1946 hingga sekarang

Jelas sekali pendapat Rogers M Everett memperlihatkan bahwa era tulisan memang yang pertama kali. Berhubung menggunakan tulisan tentunya punya huruf-huruf tertentu namun sayangnya belum pasti huruf apa yang pertama ada di dunia ini.

Era tulisan ini ada beberapa bukti yang di sebutkan dalam buku ini; orang-oang Sumerians menggunakan tanah liat untuk membuat huruf. kemudian pada 1041 SM china menemukan dengan tipe mencetakan huruf dalam buku, dilanjutkan pada 1241 korea menemukan model dengan tipe mencetakan huruf dari tanah liat kedalam logam

Setelah era komunikasi tulisan ini muncullah era komunikasi cetak. Pada saat itu Gunternberg menemukan mesin cetak. Konon katanya Gustenberg menemukan mesin press ini untuk mencetak injil, dalam ruang linkup sempit. Kenapa? Karena pada saat itu belum banyak orang yang bisa baca.
Akan tetapi lama kelamaan mesin cetak itu dipakai. Pada tahun 1833, ketika Bunyamin Day meluncurkan surat kabar New York Sun, yang digunakan secara besar-besaran (masal) disambung pada tahun 1839 Daguerre melakukan praktek photografinya untuk digunakan dalam koran.

Kemudian berkembang menjadi Era Telekomunikasi, yakni dimulai ketika Samuel Morse berhasil mengirimkan pesannya dari Baltimore ke Washingthon D.C pada tahun 1844.

Komunikasi interaktif pa da tahun 1946, ketika komputer mainframe pertama ditemukan di Phildephila. Amerika serikat.

Jadi, pada awal mula komunikasi itu dimulai dengan menulis, dan menulis itu mempunyai beberapa karatker tulisan ada yang lewat tanah liat, dengan ukiran pada batu, ukiran pada logam dsb.

Kita bisa melihat mana yang paling bertahan diantara era era komunikasi tersebut. Tak lain era tulisanlah yang paling melekat dalam tubuh manusia. Memang era era setelahnya juga bertahan sampai sekarang namun sebagai pelopor yang memang seharusnya sudah tidak dipergunakan lagi (dilihat dari kurun zaman), masih tetap digunakan sebagai alas dimana komunikasi canggih setelahnya berkiprah.

*zarien

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: