Click Here to Back

News You Can Choose

In Teknologi Komunikasi Info. on January 19, 2004 at 11:08 pm

Ada dua media massa; media cetak dan media elektronik diantaranya koran (media cetak ) dan berita-berita yang ada di dalam situs atau iternet (media elektonik ). Disini diterangkan yaitu salah satu contoh yang paling digemari pemakai internet; digg.com dimana di digg.com kita bisa memilih berita seperti politik, teknologi, selebritis, atau yang lainnya. Yang paling bagus setiap user bisa mengomentari atas birita yang akan dikomentarinya. Juga bisa saling berdiskusi tukar pendapat di situs ini. Mencari berita ini bisa kita surfing di google,

sebab google adalah mesin pencari terkomplit dari pada mesin pencari lainnya. Digg berarti mengutip, atau kita bisa mengambil item-item yang telah ditentukan. Misalnya kita mau mencari berita tentang teknologi dalam digg.com sudah tersedia atau sudah di spesifikasikan dalam bentuk huruf ataupun yang lainnya, jadi bagi para user sangat mudah untuk mencarinya.
Dampak Terhadap Pembaca Surat Kabar Cetak
Ada beberapa dampak dari berita yang diambil atau dibaca dar situs kepada pembaca surat kabar cetak. Dampak negatifnya kita sebagai pembaca surat kabar cetak tidak tahu bahwa banyak manipulasi data berita di situs. Misalnya seperti perubahan tanggal dan data-data lainnya. Bagi berita yang kita baca di situs. Khususnya berita yang kita baca di digg.com bersifat universal tidak kedaerahan. Sedangkan yang pembaca butuhkan informasi berita daerah setempat, misalnya.
Adapun keuntungan berita-berita di situs sebenernya kita bisa anggap sebagai berita pemasok atau sampingan karena bersifat universal. Dan itu sangat membantu sekali untuk mencerdaskan bangsa, idealnya.
Dampak Terhadap Industri Surat Kabar Cetak
Surat kabar cetak seharusnya tidak usah khawatir dengan munculnya berita-berita yang di sediakan di internet, dengan biaya murah para user (pembaca) tidak perlu beli koran. Perlu kita ketahui inernet itu sifatnya tidak continu atau labil apabila ada gangguan jaringan maka internet putus. Dan juga yang saya ketahui khususnya di indonesia berita-berita di situs kurang diminati khalayak ramai atao mungkin belum. Mereka semua lebih memilih media cetaka yang sudah tersedia tanpa harus pergi ke warnet. Dan ini juga di picu oleh pengetahuan teknologi yang belum membudaya.
Sedangkan surat kabar cetak itu bahan jadi. Jadi, tetap utuh tidak ada kekhawatiran dengan gangguan jaringan dan sebagainya.
Namun sempat menjadi sorotan media massa khususnya media cetak, ketika munculnya detik.com. disinyalir situs ini paling komersil di indonesia. Sehingga banyak pihak-pihak yang berusaha nge-hack situs tersebut. Detik.com ini laku dan paling sering dibuka oleh user. Sehingga iklan yang masuk banyak. Dan menambah profit bagi detik.com. dan kehilangan beberapa persen peminat surat kabar cetak sangat berpengaruh bagi dunia industri media cetak. Namun itu tadi di Indonesia minim sekali yang tahu tentang teknologi internet

zarien givarian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: